3 hari Jelang Idul Fitri, Usaha Mobil Rental Laris manis

0
649
Ilustrasi Rental Mobil (google)
Usaha rental mobil

MBNews, Tarakan – Terpantau saat ini usaha rental mobil masih terlihat sepi dari masyarakat yang menggunakannya, Namun dipastikan 3 hari jelang Idul Fitri 1435 Hijriyah / 2014 masehi, usaha rental mobil kebanjiran order penyewaan.

Nurdin salah seorang pemilik mobil rental yang sehari-hari mangkal di Pelabuhan SDF/Tengkayu I, Jumat (18/07/2014) mengatakan, 2 hingga 1 minggu jelang lebaran kondisi rental mobil sepi dari transaksi sewa mobil yang dilakukan oleh masyarakat.

“Untuk saat ini masih sepi, permintaan terhadap mobil rental baru dirasakan mendekati Idul Fitri.” Ucap Nurdin.

Dikarenakan momentum lebaran, harga sewa perunit mobil mengalami kenaikan hingga Rp.50.000 dari harga sewa diluar Idul Fitri yang hanya berkisar Rp.250.000/hari. Kenaikan harga sewa tersebut cukup beralasan, karena pada saat Idul Fitri banyak mobil rental sudah dipesan oleh penyewa.

“Selama Idul Fitri harga sewa per-unit mobil mencapai Rp.300.000/hari, dan ini untuk semua jenis mobil.” Jelas Nurdin.

Berdasarkan pengalaman Nurdin dari lebaran tahun lalu, rata rata masyarakat lebih dominan menyewa mobil jenis avanza dibandingkan jenis lainnya. Hal ini disebabkan karena mobil tersebut lebih irit dalam pemakaian bahan bakar minyak (BBM).

“Avanza yang lebih banyak dicari, dan mayoritas penyewa merupakan warga Tarakan.” Jawab Nurdin menambahkan.

Selain mendapatkan keuntungan dari bisnis rental mobil, Nurdin beserta 29 orang  rekannya yang berprofesi sama, harus menjalankan kewajibannya kepada perusahaan daerah selaku pengelola pelabuhan SDF, yakni membayar retrebusi perbulannya sebesar Rp.8.600.000 .

“Jumlah keseluruhan mobil rental ada 86 unit, masing masing mobil dikenakan retrebusi sebesar Rp.100.000/bulan oleh perusda.” Ungkapnya. (RUN/HFA)