Administrator Pelabuhan Tarakan meminta Pemilik dan Operator Speedboat Kecil Prioritaskan Keselamatan Penumpang.

0
609
Jefri Meidison Kepala Adpel Tarakan (hfa)
Jefri Meidison Kepala Adpel Tarakan (hfa)
Jefri Meidison Kepala Adpel Tarakan (hfa)

MBNews, Tarakan – Walaupun tidak terdata dan diluar dari pengawasan oleh kantor Administrator Pelabuhan (Adpel) Tarakan, speedboat kecil yang mengangkut penumpang dari Tarakan menuju daerah kabupaten di provinsi Kalimantan Utara diwajibkan memperhatikan keselamatan penumpangnya.

Kepala Kantor Adpel Tarakan Yefri Meidison, Senin (4/8/2014) mengatakan, selama ini speedboat kecil yang memiliki 1 mesin banyak yang belum memenuhi standar keselamatan penumpang minimal memiliki jaket keselamatan danproses izin regulasi speedboat kecil dilakukan oleh Dinas Perhubungan Tarakan.

“Adpel selalu menghimbau kepada pemilik speedboat kecil untuk memberikan yang terbaik kepada penumpang, jangan sampai lebih mengutamakan keuntungan namun keselamatan penumpang diabaikan.” Kata Jefri

Masyarakat yang mengunakan jasa diharapkan juga dapat memilih yang terbaik, jika mengancam keselamatan saat berlayar hendaknya memilih speedboat yang besar dan dijamin keselamatannya oleh Adpel Tarakan.

“Jika banyak masyarakat yang mengunakan jasa speedboat kecil saat arus mudik kemarin, hal tersebut karena sudah penuhnya armada yang ada, namun jumlahnya tidak banyak mungkit hanya 10 persen dari penumpang speedboat besar.” Ungkapnya

Kedepannya adpel akan melakukan koordinasi lebih lanjut terutama kepada Dinas Perhubungan Kota Tarakan yang mengeluarkan izin regulasi kepada speedboat kecil. Hal tersebut dilakukan agar keselamatan bagi penumpang speedboat kecil lebih terjamin. (HFA)