Akibat Hujan Deras, 1 Rumah Warga Tertimpa Tanah Longsor

0
458
tanah longsor kampung 1
Kondisi rumah Herman yang terkena longsor

MBNews, Tarakan – Hujan deras yang terjadi dalam beberapa malam terakhir di kota Tarakan, menyebabkan terjadinya tanah longsor di RT 08 kampung 1 / skip pada Jumat malam (11/07/2014). Pada saat kejadian berlangsung 1 rumah warga rusak tertimpa timbunan tanah namun tidak menimbulkan korban jiwa.

Herman warga yang rumahnya tertimpa tanah longsor, Minggu (13/07/2014) mengatakan, longsor terjadi pada saat hujan sedang turun dengan deras. Sekitar pukul 24.00 wita, ia dikagetkan dengan suara reruntuhan tanah dari tebing yang ada disamping rumah.

“Saya kaget mendengar suara dan getaran disamping rumah, saat saya melihat keluar ternyata tebing yang ada didekat rumah longsor dan menimpa dapur serta menimbun motor matic yang terparkir disamping dapur.” Kata Herman.

Pasca kejadian longsor yang menimpa rumahnya, Herman bersama dengan mertua menggali renruntuhan tanah untuk mengeluarkan motor matic miliknya.

“Kita bersyukur tidak ada korban, walaupun motor saya mengalami rusak parah.”Ungkapnya.

Melihat kondisi rumah warganya yang tertimpa musibah tanah longsor, Lurah Kampung Satu/Skip Chaizir zein,S.STP memastikan akan berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Kelurahan akan merencanakan perbaikan tebing, melihat kondisi tebing yang longsor masih membahayakan keselamatan warga. Untuk hal itu perlu dilakukan koordinasi dengan BPBD.” Kata Chaizir zein.

Untuk wilayah kampung 1/skip banyak daerah yang rawan terjadinya tanah longsor. Adapun wilayah rawan longsor tersebut ada di

RT 05, 10 dan RT 20 terutama yang berada di sekitar tebing gunung selatan.

“Kita minta warga waspada selama musim hujan yang terjadi dalam beberapa terakhir, karena diwilayah kampung 1/skip banyak daerah rawan longsor.” Himbau Chaizir. (CTR/HFA)