Antisipasi Meter Air Usang, PDAM Siap Lakukan Kalibrasi

0
1772
Direktur PDAM Tirta Alam Tarakan Agus Adnan,S.T
Direktur PDAM Tirta Alam Tarakan Agus Adnan,S.T

MBNews, Tarakan – Untuk mengantisipasi kehilangan air akibat water meter (meter air) yang tidak layak atau rusak, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alam Kota Tarakan, berencana melakukan kalibrasi atau tera ulang water meter pelanggan.

Direktur PDAM Tarakan Agus Adnan, ST mengatakan, dari 18.400 pelanggan, PDAM akan menera 3.680 meter air. Dari meter air yang ditera tersebut nantinya bisa diketahui mana yang rusak dan masih layak digunakan.

“Melalui kalibrasi PDAM berusaha mendata kondisi meter air pelanggan saat ini.” Jelas Agus Adnan, Minggu (11/1/2015)

Berdasarkan data yang dimiliki PDAM pada tahun 2013 sebanyak 700 meter air yang tidak layak atau rusak sudah diganti, begitu juga pada tahun 2014 lalu sebanyak 1.000 water meter milik pelanggan PDAM diganti dengan meter air yang layak pakai.

Ditegaskan Agus, umur teknis water meter maksimal berusia 4 tahun, dan jika pada umur tersebut ditemukan meter air tidak layak pakai maka pihak PDAM menggantinya dengan yang baru tanpa dikenakan biaya. Sedangkan jika materan air rusak dibawah usia teknis maka pelanggan yang bersangkutan dikenakan biaya administrasi pengantian water meter.

“Jika rusak karena umur teknis maka penggantian, water meter tidak dikenakan biaya, namun jika bukan karena umur teknis dikenakan biaya Rp.500.000.” Tuntas Agus Adnan (run/hfa)