Info CPNS 2014: Apa Itu CAT (Computer Assisted Test) ?

0
841
Pendaftaran CPNS
Pendaftaran CPNS (google)
Pendaftaran CPNS
Pendaftaran CPNS (google)

MBNews – Apa Itu CAT (Computer Assisted Test) ? Beberapa hari kedepan Indonesia akan dihadapkan pada banyaknya pelamar pekerjaan menjadi Pegawai Negeri Sipil, dikarenakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN-RB) membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS). Tak tanggung – tanggung, dari awal dibuka pendaftaran secara online melalui situs pendaftaran CPNS, kurang lebih 5juta orang telah mengakses web tersebut hingga web Panselnas mengalami beberapa kali down. Antusias para pelamar sangat tinggi untuk melakukan pendaftaran CPNS secara online dan melakukan ujian test dengan CAT di beberapa formasi cpns.

Dalam seleksi Penerimaan CPNS 2014 secara Nasional ini menggunakan ujian / test menggunakan CAT (Computer Assisted Test). Sebagian atau banyak pelamar yang masih belum mengerti apa itu CAT (Computer Assisted Test), apa itu CAT ?

Menurut Sekretaris KemenPAN-RB Tasdik Kinanto, dengan melakukan ujian dengan system online CAT, para CPNS terhindarkan dan meminimalisir dari praktek – praktek yang dapat merugikan para pelamar khususnya seperti korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

“Masing-masing peserta dalam proses seleksi, tujuan kita harus objektivitas. Kalau ingin menjadi bagian dari aparatur negara, harus menyiapkan sebaik-baiknya untuk berkompetisi dengan yang lain, sehingga tidak ada bantuan-bantuan dari pihak manapun,” ujar Tasdik di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat.

CAT (Computer Assisted Test) adalah sebuah system ujian / test online, dimana peserta akan diberikan soal secara online dan langsung menjawab soal tersebut. Lalu jawaban yang ada akan masuk database pusat.

Adapun menurut website bkn.go.id, ujian online CAT berfungsi untuk membangun sistem rekrutmen dan seleksi berbasis kompetensi secara komputerisasi yang disebut Computer Assisted Test (CAT). CAT terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Kepegawaian (TKK).

Tujuan Ujian Online CAT (Computer Assisted Test). CAT yang berada dibawah Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai bertujuan :

  1. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.
  2. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
  3. Mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel, dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme.

[rpi]

Manfaat Ujian Online CAT (Computer Assisted Test) :

  1. Peserta tes dapat mendaftarkan diri melalui internet.
  2. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh.
  3. Keseluruhan materi soal tes komputerisasi dasar (tes pengetahuan umum,. Tes bakat skolastik dan tes skala kematangan) dan tes kompetensi kepegawaian (tes pengetahuan umum, tes substansi kepegawaian, dan tes skala kematangan) dapat diakses melalui computer.
  4. Penilaian dilakukan secara obyektif.
  5. Peserta ujian dapat segera mengetahui capaian nilai (skor) yang diperoleh setelah ujian selesai.

Diharapkan para pelamar yang lolos CPNS benar – benar tenaga kerja yang profesional dan berkompetensi di bidang nya masing – masing. (XYD)