NUNUKAN. Momentum Sumpah Pemuda Tanggal 28 Oktober merupakan hari bersejarah Bangsa Indonesia sebagai kristalisasi semangat Nasionalis pemuda khususnya masyarakat di Wilayah Tiga Kabupaten Nunukan. Berawal dari Momentum Hari Sumpah Pemuda ini, GARDA MUDA KABUDAYA dan PEMUDA PENJAGA PERBATASAN membentuk kepanitiaan dengan program kegiatan yaitu Deklarasi Hari Sumpah Pemuda. Kepanitiaan acara yang diketuai oleh Hendro Listantono ini akan berlangsung di Kecamatan Sembakung Kabupaten Nunukan.

Upacara bendera di Kecamatan Sembakung.
Potret Upacara bendera di Kecamatan Sembakung.

Kegiatan yang berskala Nasional ini akan berisi Deklarasi Ikrar Pemuda Setia NKRI, Pentas Seni, Teaterikal, Pembacaan Puisi, Tarian Kontemporer dan Tarian dari Suku Etnis yang ada di wilayah tersebut. Para tamu undangan yang akan hadirpun juga beragam, Panitia Pelaksana sampai saat artikel ini diterbitkan mendapatkan info akan hadir Tokoh-tokoh Nasional, organisasi kepemudaan seperti KNPI Nunukan, KNPI Provinsi, KONI Nunukan, KONI PROVINSI dan dari kalangan Pejabat Bupati dan Wakil Buapti Nunukan, DPRD Nunukan, Gubernur dan Wakil Gubernur, DPRD Provinsi dan lainnya.

Akses jalan yang butuh perbaikan.
Akses jalan yang butuh perbaikan.

Tujuan dari Kegiatan ini yaitu untuk membangkitkan jiwa Nasionalis para kaum muda agar lebih Idealis serta kritis menanggapi persoalan ketimpangan yang ada dan lebih cinta terhadap tanah air. Karena wilayah tiga Kabupaten Nunukan adalah wilayah yang akan memekarkan diri menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB Kabudaya), selain itu wilayah ini juga berbatasan langsung dengan Negara Tetangga, yaitu salah satunya Kecamatan Lumbis Ogong sebagai beranda terdepan NKRI.

Harapan dari adanya program kegiatan ini agar unsur Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dapat bersinergi dengan persoalan yang ada di wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga dan akses pemerataan pembangunan.