Disdukcapil Optimis Pelimpahan Pencetakan E-KTP Dilakukan Tahun 2014

0
443
Kadisdukcapil Tengah Menandatangani Surat Keterangan e-KTP (run)
Kadisdukcapil Tengah Menandatangani Surat Keterangan e-KTP (run)

MBNews, Tarakan – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tarakan memastikan proses pelimpahan pencetakan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) dari Kementrian Dalam Negeri ke Pemerintah Daerah, besar kemungkinan dilakukan pada tahun ini, rasa optimis tersebut diungkapkan Kadisdukcapil Tarakan H.M. Ilham Noor, kepada MBNews Selasa (2/09/2014).

Ilham mengatakan, sesuai informasi yang didapatnya, Kementrian Dalam Negeri RI masih melalukan proses pelelangan chip yang nantinya digunakan untuk e-KTP, walaupun masih dalam proses pelelangan Kementrian Dalam Negeri telah meminta kepada seluruh Disdukcapil yang ada di Indonesia untuk mengirimkan susunan struktur petugas yang nantinya menjadi penanggung jawab untuk pencetakan e-KTP didaerah.

“Ada 4 orang nama-nama petugas yang sudah kita (Disdukcapil,red) kirim ke pusat, ke 4 orang tersebut nantinya bertugas menjadi penanggung jawab dalam kegiatan e-KTP di Tarakan.” Jelas Ilham Noor.

Namun yang masih menjadi tanda tanya besar menurut Ilham Noor, adalah persoalan anggaran penerbitan e-KTP, apakah nantinya diberikan anggaran secara penuh oleh pemerintah pusat atau hanya diberi bantuan sebatas dokumen e-KTP.

“Secara kesiapan Sumber Daya Manusia, Disdukcapil Tarakan telah siap melakukan pencetakan e-KTP, yang masih tanda tanya adalah persoalan anggaran apakah diberikan penuh oleh pusat atau hanya sebatas bantuan dokumen e-KTP, tapi ada keyakinan bantuan yang diberikan selain dokumen juga diberikan anggaran oleh kementrian dalam negeri.” Jelas Mantan Seketaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tarakan ini. (RUN/HFA)