Disnaktan Tarakan Yakin Daging Sapi dan Ayam dari RPH dan Peternak Aman Dikonsumsi

0
477
Operasi Pasar Daging (google)
ilustrasi (google)

MBNews, Tarakan – Dinas Peternakan Dan Tanaman Pangan (Disnaktan) Tarakan optimis daging sapi dan daging ayam potong dari rumah pemotongan hewan (RPH) di Tarakan aman dari segala jenis obat yang membahayakan. Sehingga masyarakat diminta tidak takut untuk mengkonsumsinya saat lebaran kali ini.

Kepala Dinas Peternakan dan Tanaman Pangan Kota Tarakan Elang Buhana, Jumat (25/7/2014) mengatakan, dalam melakukan pegawasan daging ayam dan sapi, Disnaktan kota Tarakan bekerja sama dengan balai penyidik penyakit daging Banjarbaru.

“Kita pastikan aman, apalagi dari rumah pemotongan hewan yang dikelola oleh Disnaktan dan sebagian daging yang dijual juga dari RPH kita.” Ujar Elang

Untuk contoh daging yang beredar di pasaran, Disnaktan tidak hanya menguji daging bebas dari boraks dan formalin namun pencemaran mikroba berbahaya dan residunya sehingga masyarakat diminta tidak khawatir mengkonsumsinya asal memilih membeli daging yang baik kualitasnya dan terjamin mutunya.

“Selain itu disnaktan memberikan informasi kepada peternak yang ada di Tarakan untuk tidak mengunakan sembarang obat kepada ternak daging ayam dan daging sapi sehingga kondisinya maksimal saat beredar di pasaran.” Ungkapnya

Elang Buhana menambahkan, Disnaktan kota Tarakan sudah melakukan wujud antisipasi yang tinggi untuk melakukan pengawasan terhadap rumah pemotongan dan kandang peternak sapi yang ada di Tarakan. (HFA)