Gas In MKI “Insyaallah” Lancar Setelah Pengerjaan Hot Tapping

0
283
PT.MKI Tengah Melakukan Hot Tapping Sehingga Pasokan Gas ke PLN dihentikan Sementara (run)
PT.MKI Tengah Melakukan Hot Tapping Sehingga Pasokan Gas ke PLN dihentikan Sementara (run)
PT.MKI Tengah Melakukan Hot Tapping Sehingga Pasokan Gas ke PLN dihentikan Sementara (run)

MBNews, Tarakan – Manhattan Kalimantan Invesman,Pte.Ltd (PT.MKI) saat ini tengah melakukan hot tapping yakni penyambungan pipa gas dari MKI ke pipa milik Medco E and P didaerah mesin pembangit listrik tenaga gas (Power Plant) binalatung, kelurahan pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur.

Superintendent PT MKI Supriandi Pan kepada merahbirunews.com, Jumat (27/03/2015) mengatakan, hot tapping yang dilakukan sudah dari beberapa hari lalu dan akan selesai selama seminggu. Dalam pengerjaan Hot tapping tersebut, MKI memulai pemasangan split tee sehingga nantinya pipa dari MKI dan Medco saling berhubungan.

“Kita sudah mulai pasang Split Tee dari beberapa waktu lalu, jika tidak ada halangan seminggu pengerjaan ini selesai.” Jelas Supriandi Pan.

Lanjutnya, hot taping yang tengah dikerjakan untuk pengaliran gas yang nantinya sambungan dari pipa MKI ke pipa medco dibinalatung dialirkan ke metering yang ada dikampung satu, selanjutnya dari kampung satu diambil dan dialirkan kembali ke PT. Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Tarakan.

“Pipa dari dari binalatung kekampung satu sudah tepasang, begitu juga dari kampung satu ke PLN.”

Setelah proses hot taping selesai, menurut Supriandi, selanjutnya menunggu instrument dikampung satu siap, jika semua instrumen telah siap maka selanjutnya mengalirkan gas dari ke PLN.

“Ada dua metering pertama yang dibinalatung dan satunya ada dikampung satu, instrument metering ini harus siap semuanya sehingga gas yang dialirkan ke PLN jelas terukur.” Ucapnya.

Supriandi Pan optimis, jika semua pengerjaan telah selesai, maka gas yang sementara terhenti sudah bisa dialirkan kembali ke PLN Tarakan. (run)