Hal-Hal yang Mesti Kita Lakukan Bila Ingin Segera Berhijab

0
41
Cara Memakai Hijab Pashmina Modis Untuk Wanita Berwajah Bulat
Cara Memakai Hijab Pashmina Modis Untuk Wanita Berwajah Bulat

Keputusan untuk menggunakan hijab tentu merupakan hal besar bagi seorang wanita muslimah. Bahkan, tak sedikit wanita muslimah yang berpikir bertahun-tahun agar mantap dengan keputusan tersebut. Selain menyiapkan diri sendiri, orang-orang terdekat kita juga harus siap mendukung keputusan kita.

Ada banyak hal penting yang mesti kita lakukan bila ingin segera berhijab. Hal-hal penting tersebut yaitu:

1Memperdalam Wawasan tentang Ilmu Agama

Niat untuk berhijab tentu akan sia-sia jika tidak disertai dengan pemahaman ilmu agama yang memadai. Oleh sebab itu, sebaiknya kita memperdalam wawasan tentang ilmu agama terlebih dahulu sebelum berhijab. Kita juga harus memantapkan hati dan memahami tujuan berhijab yang sesungguhnya. Sehingga kita terhindar dari niat melepas hijab ketika sudah berkomitmen menggunakannya.

2Memahami Kaidah Penggunaan Hijab yang Tepat

Kaidah penggunaan hijab harus dipahami dengan benar. Karena menggunakan hijab bukan sekadar tentang menutup rambut. Kita juga harus menghindari pakaian yang ketat, tembus pandang, dan berisiko memperlihatkan bentuk tubuh. Penampilan kita harus benar-benar sopan bila sudah memutuskan untuk menggunakan hijab.

3Mulai Menyisihkan Pakaian yang Kurang Sopan

Kalau kita termasuk wanita yang sering menggunakan pakaian terbuka, berarti kita harus bekerja ekstra keras untuk menyisihkan pakaian-pakaian tersebut. Kita harus menyiapkan waktu dan budget untuk menggantinya dengan pakaian baru. Jika kita punya baju tunik, kita bisa tetap menggunakannya ketika berhijab.

Baju tunik lengan panjang dapat memenuhi kebutuhan kita ketika berhijab. Kini, banyak model tunik terbaru yang bisa kita pilih sesuai selera dan kebutuhan. Varian tunik terbaru tak akan membuat penampilan kita ketinggalan zaman. Karena motif dan model tunik terbaru sangat kekinian dan banyak dikombinasikan dengan gaya modern. Saat menggunakan tunik terbaru yang dipadukan dengan hijab berwarna senada, kita pun akan tetap kelihatan fashionable.

4Menyiapkan Aneka Hijab yang Bahannya Nyaman

Kita mungkin akan merasa mudah gerah ketika masa-masa awal mengenakan hijab. Namun jangan sampai hal tersebut membuat kita kewalahan. Kita dapat menyiasatinya dengan cara menyiapkan aneka hijab yang bahannya nyaman. Terutama ketika kita akan menggunakannya saat cuaca panas. Kita mesti menyiapkan hijab berukuran besar bila teksturnya tipis. Supaya kita dapat membuat model hijab tumpuk yang tetap kelihatan sopan dan nyaman.

5Aksesori Lain untuk Melengkapi Hijab dan Busana Muslim

Bukan hanya hijab dan busana muslim saja yang wajib kita siapkan bila ingin berhijab. Kita juga harus menyiapkan aksesori lainnya berupa jarum pentul, manset, dan legging untuk mendukung gaya berpakaian kita. Ketika menggunakan pakaian muslim yang agak tipis, kita mesti menggunakan legging dan manset agar pakaian tersebut tidak terlihat tembus pandang. Penampilan yang syar’i dan rapi juga akan membuat kita nyaman beraktivitas bersama orang lain.

6Menghapus Foto-Foto Lama di Media Sosial

Hal yang satu ini mungkin sering dianggap remeh oleh para wanita modern. Padahal, menghapus foto-foto lama di media sosial adalah bagian dari niat untuk hijrah menjadi pribadi yang lebih baik. Jadi, kita mesti meluangkan waktu untuk mulai menghapus foto-foto lama di media sosial sebelum kita menggunakan hijab. Orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat tentu akan mendukung keputusan yang sudah kita ambil.

Niat untuk berhijab tentu harus berasal dari diri sendiri. Bukan sekadar ikut-ikutan tren atau hanya karena malu dengan orang-orang terdekat. Jadilah wanita muslimah yang bijaksana dan konsisten dalam mengambil keputusan. Supaya kita pun dapat memperoleh banyak pahala setelah memutuskan untuk berhijab.