Manfaat Asuransi Jiwa dan Pentingnya Asuransi Jiwa Berjangka

0
140
Asuransi Jiwa
Asuransi Jiwa
Asuransi Jiwa
Asuransi Jiwa

Dalam hidup ini, semua bisa direncanakan oleh manusia, namun tidak ada yang bisa membantah rencanaNya yang lebih indah. Banyak hal – hal yang sudah kita rencanakan gagal karena ada kejadian-kejadian yang tidak diingankan dan tidak terduga. Oleh karena itu diperlukan proteksi untuk mengantisipasi resiko yang timbul, salah satunya adalah dengan asuransi. Manfaat asuransi jiwa bisa kita dapatkan jika kita melalui produk asuransi berjangka. Lalu apa itu sebenarnya auransi jiwa? Asuransi jiwa adalah polis asuransi yang akan memberikan sejumlah pertanggungjawaban berupa klaim tunai kepada penerima tanggungan (beneficiaries) atau ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia. Polis merupakan perjanjanjian yang mengikat antara Anda dengan perusahaan asuransi yang menerbitkan polis (bukan dengan agen asuransi). Pembelian polis asuransi penting untuk memproteksi keuangan keluarga dan memperkirakan kebutuhan di masa yang akan datang. Perlindungan dapat bervariasi antara 1 tahun hingga seumur hidup.

Ada beberapa jenis asuransi jiwa yang ada di Indonesia, salah satunya adalah asuransi berjangka (term life insurance). Asuransi ini tidak memberikan manfaat tambahan, tapi manfaat asuransi jiwa yang murni dalam hal perlindungan.Kenapa disebut berjangka? Karena anda dapat membeli perlindungan untuk jangka waktu tertentu. Lebih jelasnya, penerapan asuransi berjangka ini misalnya, anda memilih asuransi berjangka selama 5 tahun. Dalam kurun waktu tersebut apabila terjadi resiko kematian pada pemiliki polis asuransi, maka ahli waris yang ditunjuk mendapatkan klaim tunai senilai uang pertanggungan. Namun, jika pemiliki polis masih hidup dan masa jatuh tempo sudah terjadi, maka secara umum tidak ada dana tunai yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi.

Bagaimana keunggulan asuransi berjangka ini? Keunggulan asuransi berjangka ini diantaranya:

  1. Premi asuransi jiwa berjangka lebih terjangkau
  2. Durasi perlindungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Untuk jenis asuransi jiwa syariah, masih memiliki fitur bagi hasil di akhir masa asuransi jika tidak terjadi klaim alias tidak terjadi kematian.

Salah satu perusahaan asuransi yang bisa anda pilih untuk membuat asuransi jiwa yang benar-benar memberikan manfaat asuransi jiwa, seperti asuransi jiwa yang dalam memberikan proteksi pada seluruh keluarga dan menyediakan asuransi berjangka.