Penjelasan program kurang, Pemkot Tarakan akan perbaiki LKPJ 2014

0
213
Suasana Paripurna penyampaian rekomendasi LKPJ Walikota Tarakan tahun 2014 di gedung DPRD Tarakan (hfa)
Suasana Paripurna penyampaian rekomendasi LKPJ Walikota Tarakan  tahun 2014 di gedung DPRD Tarakan (hfa)
Suasana Paripurna penyampaian rekomendasi LKPJ Walikota Tarakan tahun 2014 di gedung DPRD Tarakan (hfa)

MBNews, Tarakan – Dikembalikannya Laporan Pertanggungjawaban Walikota Tarakan (LKPJ) Tahun 2014 untuk segera diperbaiki sesuai dengan yang diharapkan oleh Tim Panitia Khusus LKPJ DPRD Tarakan, membuat Walikota Tarakan Sofian Raga segera melakukan tindakan.

Menurutnya, semua rekomendasi dari DPRD akan dipenuhi dan disempurnakan dari batas waktu yang ditentukan yakni 30 hari. Untuk jumlah angka sudah baik, namun pemerintah lebih memperhatikan penjabaran program yang mudah dipahami.

“Kita tinggal menyempurnakan apa yang masih menjadi kekurangan dari susunan LKPJ Walikota ini, karena ada banyak yang disampaikan oleh Tim dari DPRD Tarakan,” Ujar Sofian kepada merahbirunews.com

Walikota Sofian juga akan melakukan perintah langsung bagi SKPD yang diharapkan berperan dalam perbaikan LKPJ ini, termasuk 2 instansi yang disorot oleh DPRD untuk lebih maksimal dalam perencanaan dan pegawasan program yakni Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah hingga Inspektorat.

“Saya akan lakukan perintah langsung kepada SKPD tersebut, ini dikembalikan dulu dikoreksi, diperbaiki, setelah itu langsung finalisasi. Yang terpenting DPRD minta melengkapi saja hal-hal yang masih menjadi kekurangan,” Tandasnya

Sementara itu Ketua DPRD Tarakan Sabar Santoso mengatakan, ada beberapa rekomendasi yang harusnya mendapatkan respon yang baik dari pemerintah, utamanya format laporan kinerja dari pemerintah Kota Tarakan.

Pemerintah kota harus menyelesaikan keinginan Tim Pansus dari DPRD Tarakan soal LKPJ yakni beberapa program harus memiliki Indikator pencapaian program kerja kemudian langkah perbaikan yang sampai dimana?

“Salah satunya dalam pengetasan soal banjir, Programnya seperti apa?, Targetnya Seperti apa?, Anggarannya berapa?, Realisasinya bagaimana?, itu harus dijelaskan,” Jelas Sabar

“Walaupun begitu ada catatan yang baik bagi pemerintah, salah satunya realisasi keuangan dari pemerintah yang mencapai 90 persen lebih, dan tinggal dijabarkan proses pendapatannya harus jelas kemudian disampaikan kepada DPRD Tarakan,” Lanjut Sabar

Yang jelas DPRD sudah melihat niat baik Walikota Tarakan untuk segera memperbaiki LKPJ Walikota Tarakan tahun 2014 dan hal tersebut ditunggu oleh DPRD Tarakan dalam 30 hari kedepan. Jika masih adanya kekurangan yang ditemukan DPRD maka akan dikomunikasikan kembali kepada Pemerintah. (hfa)