PLTG Perusda Beroperasi 2015

0
495
Direktur Perusda Tarakan Tigor Nainggolan (run)
Direktur Perusda Tarakan Tigor Nainggolan (run)

MBNews, Tarakan – Tahun 2015 dipastikan pasokan listrik untuk PLN Tarakan berlebih, sebabnya awal tahun 2015 PT Manhattan Kalimantan Investman Pte, Ltd (PT.MKI) akan melakukan hot tapping atau penyambungan pipa gas ke mesin Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) milik Perusahaan Daerah (Perusda) yang berada Jl Gunung Philip Kelurahan Kampung Enam.

Hal itu diungkapkan Direktur Perusda Tarakan Tigor Nainggolan, Kepada MBNews, Jumat (26/12/2014). Dikatakan, hot tapping tersebut merupakan kelanjutan kesepakatan lama antara Perusda dengan PT.MKI, yang telah bersepakat sebagian penyaluran gas dari MKI ke pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) Sewatama Binalatung kemudian disalurkan ke PLTG Perusda.

“MKI saat ini masih terfokus ke PLTMG Sewatama, dan jika tidak ada halangan 2015 hot tapping dilanjutkan ke PLTG milik Perusda.” Ucapnya.

Untuk mempercepat proses penyaluran gas MKI ke PLTG Perusda, Tigor memastikan minta bantuan Pemkot untuk memback-upnya, agar pelaksanaannya nanti tidak ada kendala.

“Agar mulus, kita tetap minta bantuan Pemerintah Kota.” Jelas Tigor.

Jika nantinya mesin PLTG milik perusda telah dialiri gas dari MKI maka dapat dipastikan daya listrik yang dihasilkan mencapai 14 Megawatt. Dengan adanya daya 14 Megawatt tersebut, Tigor optimis PLN tidak akan kekurangan daya sebab selain PLTG perusda, PLN juga mendapat asupan listrik dari PLTMG Sewatama Binalatung sebesar 7,5 Megawatt. (run/hfa)