MKI Gas In, PLN Lakukan Simulasi Hot Tapping

0
537
Mesin Sewatama PLN di Binalatung (run)
Mesin Sewatama PLN di Binalatung (run)

MBNews,Tarakan – Untuk memastikan kelancaran masuknya gas in MKI ke system PLN Tarakan yang rencananya dilakukan 27 Desember 2014 PT.PLN Tarakan akan melakukan simulasi Hot Tapping. Hot Tapping merupakan penghubungan pipa cabang pada jaringan pipa  terpasang dan pengeborannya dilaksanakan pada saat pipa sedang bertekanan.

Manajer Teknik PT.PLN Tarakan Heni Handoko mengatakan, simulasi Hot Tapping yang akan dilaksanakan besok merupakan latihan dasar sebelum melakukan hot tapping yang sebenarnya pada Januari 2015 mendatang. Heni menjelaskan, Hot Tapping wajib dilaksanakan agar Gas dari PT.Manhattan Kalimantan Investment (MKI) yang sudah gas in beberapa waktu lalu bisa segera dialirkan untuk menyuplai seluruh mesin PLTG yang sudah lama dipersiapkan oleh PT.PLN Tarakan untuk memenuhi daya kota Tarakan.

Hot Tapping-nya nanti dilakukan di dua titik. Titik pertama di Binalatung dan yang kedua di Kampung Satu.” kata Heni kepada MBNews yang ditemui di ruang kerjanya  Jum’at (27/12/2014).

Heni juga memastikan apabila hot tapping ini nantinya berhasil dilaksanakan, maka Tarakan tidak lagi akan kekurangan daya. Pasalnya seluruh mesin yang saat ini telah siap akan segera disuplai bahan bakarnya dan akan siap beroperasi. PLN sendiri sebelumnya juga telah melakukan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan PT.MKI sebesar 5 MMBTU, yang jika dikonversi ke tenaga Listrik akan menghasilkan daya sebesar 20 MW.

Diperkirakan jika seluruh gas MKI telah masuk ke sistem PT.PLN maka daya total yang akan dimiliki oleh PLN Tarakan adalah sebesar 58 MW. Angka ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik kota Tarakan yang saat ini beban puncaknya mencapai angka 38 MW.

“Yah kalau Taping ini sudah berhasil dilaksanakan insyaallah kondisi kelistrikan di Tarakan ini akan semakin baik dan pastinya semua daftar tunggu untuk pemasangan baru akan bisa segera dilayani.” pungkasnya.(nsa/hfa)