Profil Gereja Katedral Jakarta, Tempat pernikahan Jonatan Christie dan juga Shanju Eks JKT 48

0
183

merahbirunews.com – Jakarta – Atlet bulu tangkis Indonesia Jonatan Christie resmi menikahi Shania Junianatha mantan personil JKT 48 atau diukenal Shanju eks JKT 48. Upacara pemberkatan keduanya dilangsungkan di area Gereja Katedral Ibukota Indonesia pada 1 Desember 2023. 

Gereja Katedral DKI Jakarta merupakan salah satu ikon yang tersebut menggambarkan keberagaman agama di area Indonesia. Dikutip dari Taman Kebangsaan UNJ, Gereja Katedral Ibukota Indonesia merupakan salah satu situs cagar budaya yang dimaksud miliki nama resmi De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming atau Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga. Gereja ini dibangun dengan gaya arsitektur neo-gothic dari Eropa yang digunakan lazim digunakan untuk merancang gereja beberapa abad yang dimaksud lalu. 

Suasana Gereja Katedral DKI Jakarta menjauhi ibadah Natal secara tatap muka pada pukul 11.00 mendatang, Jumat, 25 Desember 2020. Tempo/M Yusuf Manurung

Dikutip dari situs Keuskupan Agung Jakarta, Gereja Katedral Ibukota Indonesia didirikan pada 1891 untuk mengganti gereja lama yang digunakan runtuh pada 9 April 1890 (beberapa hari mendekati perayaan Paskah). Pembangunan gereja ini selesai pada 1901 atau 10 tahun setelahnya konstruksi awal. 

Dinding ruang utama Gereja Katedral Ibukota dihiasi lukisan dari potongan keramik yang menggambarkan keberadaan Yesus. Langit-langit gereja ini terbuat dari kayu jati sehingga bukan mudah roboh pada waktu terjadi gempa bumi. Menaranya terbuat dari rangka besi, tidak beton seperti gereja di tempat Eropa pada umumnya. 

Gereja Katedral Ibukota miliki dua menara utama yang tersebut disebut Menara Daud juga Menara Gading. Menara Gading diapit oleh empat menara kecil berbentuk lancip, sedangkan Menara Daud berbentuk seperti benteng yang dimaksud melambangkan Benteng Daud.  

Gereja Katedral Ibukota miliki museum sendiri untuk merangkum riwayat konstruksi gereja tersebut. Ada sekitar 400 koleksi yang mana dipamerkan, terdiri dari barang-barang pastoran Katedral Ibukota juga sumbangan dari pihak tertentu. 

Beberapa koleksi musem Katedral Ibukota termasuk pakaian rohaniwan Katolik yang dimaksud tersimpan di kotak kaca, tongkat Paus Paulus VI, piala Paus Yohanes Paulus II, serta lukisan bergambar gereja karya Kusni Kasdut yang mana terbuat dari pelepah pisang. Kusni Kasdut adalah individu penjahat kelas kakap yang dimaksud dihukum meninggal pada 1980. 

Adapula koleksi relikui yang mana dipajang di kotak kecil dari kaca. Relikui adalah benda-benda peninggalan atau sisa-sisa tubuh orang kudus yang sudah ada meninggal, misalnya potongan pakaian, rambut lalu serpihan tulang. Benda-benda ini ditaruh di wadah kecil berbentuk bundar dan juga biasanya ditempatkan di altar.