Tiang Listrik Rusak Karena Pohon Tumbang, Listrik Sempat Padam

0
846
Petugas saat melakukan perbaikan tiang listrik PLN karena pohon tumbang (hfa)
Petugas saat melakukan perbaikan tiang listrik PLN karena pohon tumbang (hfa)

MBNews, Tarakan – Karena angin kencang dan hujan lebat, sebuah pohon besar tumbang di Jalan Sungai Sesayap tepatnya depan Masjid Baitul Izzah Islamic Center Kampung Empat Tarakan, Kamis (4/9/2014) malam.

Akibat kejadian itu sebuah tiang listrik milik PLN Tarakan rusak tertimpa pohon tumbang tersebut dan mengakibatkan terjadinya pemadaman di sekitar wilayah kecamatan Tarakan Timur. Pemerintah Kota Tarakan melalui Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan PLN langsung melakukan tindakan memotong batang dan cabang pohon yang mengenai tiang listrik tersebut.

Kepala Bidang Pertamanan DKPP Tarakan Broto Subagio, Jumat (5/9/2014) mengatakan, petugas melakukan proses evakuasi sejak pukul setengah 8 pagi dan baru selesai sore hari. Hal tersebut terjadi karena pohon tua tersebut memiliki banyak cabang dan terkena tiang dan kabel listrik.

“Kita turunkan 15 petugas gabungan untuk evakuasi, dilakukan dengan gergaji mesin dan kendaraan jungkit milik DKPP dan BPBD, Pohon yang tumbang besar dan tua bahkan usianya hampir 100 tahun karena sudah ada sejak eksplorasi minyak pertama di Tarakan.” Ujar Broto

Sementara itu Sekretaris PLN Tarakan Muyoto mengungkapkan, akibat tumbangnya pohon tua tersebut beberapa kawasan di Kelurahan Kampung Empat, Kampung Enam, Mamburungan dan Mamburungan Timur terjadi pemadaman listrik.

“Atas kejadian teknis tersebut PLN Tarakan meminta maaf kepada warga terutama kawasan yang padam selama proses evakuasi.” Kata Muyoto

Sekitar sore hari proses perbaikan tiang dan kabel listrik telah selesai dan listrik kembali normal di wilayah yang sempat padam. (HFA)