BPBD Bangun 2 Tenda Tampung Korban Kebakaran

0
354
kondisi pengungsi saat berada di tenda darurat (hfa)
kondisi pengungsi saat berada di tenda darurat (hfa)
kondisi pengungsi saat berada di tenda darurat (hfa)

MBNews, Tarakan – Pasca kebakaran yang terjadi di 3 RT Kelurahan Selumit Pantai Senin (5/1/2015) siang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tarakan langsung melakukan tindakan untuk menampung para korban. Dari Pantauan MBNews lokasi penampungan masjid Al-maarif Tarakan Tim BPBD membangun 2 buah tenda pengungsi sebagai tempat tinggal sementara para korban.

“Kita bangun tenda kapasitas 50 orang, Tenda ini dirancang khusus untuk menampung korban bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).” Kata kepada BPBD Kota Tarakan Abdul Aziz

Untuk bantuan kepada korban kebakaran sudah mulai berdatangan, dan bantuan tersebut berasal dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Tarakan yakni 500 nasi bungkus kemudian dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan juga memberikan 500 nasi bungkus. Selain tenda, BPBD juga berencana membangun tempat mandi cuci kakus (MCK) darurat yang dimiliki.

“MCK kita siapkan 6 buah dan semuanya portable atau berbentuk mobil, alat itu juga merupakan bantuan BNPB khusus untuk bencana.” Tambah mantan kepala BKD tersebut

Dalam hal pasca bencana BPBD memiliki peran yang besar dan sesuai dengan rapat tim reaksi cepat masing-masing instansi memiliki peran masing masing, diantaranya Palang Merah Indonesia bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan dan penerimaan bantuan hingga Dinsosnaker melakukan pendataan korban kebakaran.

“Semua instansi memiliki tugasnya masing-masing, dan kita BPBD siap memberikan bantuan yang bersifat keselamatan dan kenyamanan bagi korban kebakaran.” Pungkas Aziz (hfa)