Inilah fakta unik tentang makanan

0
263

khasiat-maduMBNews, – Makanan adalah kebutuhan manusia. Tapi tahukah Anda, makanan apa yang paling awet? Salah satunya madu. Berikut beberapa fakta unik tentang makanan seperti dikutip Healthmeup.

1. Madu

Madu memiliki lama simpan yang baik. Madu tertua bahkan pernah disimpan selama 3000 tahun. Gula memiliki sifat higroskopis, yang berarti menyerap kelembaban. Ketika mikroba bersentuhan dengan madu, mereka malah mengerut dan mati. Sifat ini pula yang membuat makanan ini anti pertumbuhan ragi dan jamur. Madu juga memiliki pH 3,26-4,48 yang membuatnya awet dalam waktu lama.

2. Lobster

Pada 1800-an, lobster dianggap ‘makanan sampah’ di seluruh belahan dunia. Selain murah, lobster biasanya diberikan kepada tahanan dan budak selama era kolonial karena sebanding dengan makan tikus.

3. Gurita

Di Korea, gurita dimakan hidup-hidup. Menurut penduduk setempat, gurita hidup dipercaya baik untuk kesehatan dan sensasi menggigit di mulut menjadi tantangan tersendiri bagi pecintanya. Bagi Anda yang baru mencobanya, jangan kaget bila gurita menempel di mulut dan mencoba untuk naik kembali ke tenggorokan.

4. Katak

Jauh sebelum dikonsumsi di Indonesia, Rusia dan Finlandia mengonsumsi katak cokelat hidup yang dicampur dengan susu.

5. Es potong

Frank W. Epperson menciptakan es loli tanpa sengaja di usia 11 tahun. Pada tahun 1905, Epperson memasukan stik pengaduk dalam secangkir larutan air dan bubuk soda. Dia kemudian meninggalkannya di teras belakang rumahnya semalaman. Pagi harinya, Epperson menemukan larutan tersebut membeku. Dia lalu mematenkan kreasi yang tak disengaja itu sebagai “a handled, frozen confection or ice lollipop”.

6. ASI

Tidak ada makanan lain di dunia yang menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan manusia, kecuali ASI. ASI adalah makanan yang lengkap.

7. Apel

Ada 7.500 varietas apel yang tumbuh di seluruh dunia. Kalau Anda penasaran mencobanya satu per satu setiap hari, mungkin butuh 20 tahun untuk mencoba semua apel.

8. Berpikir tentang makanan

Saat berpikir tentang makanan favorit Anda, maka otak akan memicu pelepasan dopamin, suatu neurotransmitter yang sama ketika ketika Anda bercinta atau menggunakan narkoba.

9. Makanan pesawat

Pernahkah Anda merasa makanan di pesawat kurang enak? Sebenarnya bukan hanya masalah rasa makanan dalam pesawat, tapi ketika Anda di dataran tinggi, fungsi indra penciuman dan rasa mengalami penurunan sebesar 20-50 persen.

10. Timun

Salah satu yang membuat Anda tetap terhidrasi dan rendah kalori adalah mentimun. Makanan ini mengandung 96 persen air. (hfa/liputan6)