IMG_4083

Banyaknya pendatang asal sulawesi di Kota Tarakan membuat kuliner asal bumi celebes tersebut juga menjamur. Mulai dari Coto Makassar, Palu Mara hingga segarnya es Pisang ijo. Salah satu yang menjadi favorit sejak dulu yakni Sop Saudara. Sop dari Kabupaten Pangkajene Kepulauan atau Pangkep Sulawesi Selatan ini menjadi salah satu menu makan bagi sebagian masyarakat Tarakan.

Salah satu spot terbaik untuk menikmati Sop Saudara khas Pangkep yakni yang berada di jalan Yos Sudarso samping Mako Lantamal (Eks Toko Tolaram Tarakan). Tim merahbirunews.com mencoba untuk menikmati 1 porsi sop saudara yang gurih tersebut.

IMG_4081

IMG_4080

Di warung ini, sop saudara yang disajikan hampir sama dengan sop saudara kebanyakan, namun kalau biasanya di Tarakan disajikan dengan mangkuk ukuran sedang, tapi di warung ini disajikan dengan mangkuk yang lebih kecil. Hal ini dilakukan untuk menambah nuansa khas sulawesi karena disana biasanya sop saudara maupun coto makassar disajikan dengan mangkuk kecil

IMG_4079

Untuk rasa, tentu bagi kamu pemuja makanan yang berisi daging dan jerohan ini bisa menjadi kesukaannya, jika kamu datang kamu juga diberikan pilihan bagian mana yang ingin dimakan? Daging? Hati? Babat? Hingga Paru. Terkadang ada yang memilih semuanya atau campuran. Tapi karena admin suka sama Paru, jadi kali ini lebih memilih paru. Selain berisi daging sop juga berisi perkedel kentang dan mie putih (suun) sebagai bahan pelengkap.

Untuk kuah, tidak diragukan lagi rasanya yang kaya akan rempah. menurut salah satu pekerja di warung tersebut beberapa rempah tersebut yakni bawang merah dan bawang putih, ketumbar, kunyit, pala hingga kemiri. Untuk pelengkap biasanya ditambah dengan daun bawang dan bawang goreng kemudian dimakan dengan nasi yang panas.

IMG_4082

Untuk harga satu porsi sop saudara Rp. 30.000 belum termasuk dengan nasi dan minuman yang harganya berkisar Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000. Sop Saudara Warung Pangkep, Jalan Yos Sudarso Eks Tolaram, buka setiap hari Jam 08.00 – 22.00.