Kuliner “Sang Bangau” Liburan Di Tarakan

0
316
Jajanan Kuliner Kerak Telor Khas Jakarta di Tarakan
Jajanan Kuliner Kerak Telor Khas Jakarta di Tarakan

Jajanan Kuliner Kerak Telor Khas Jakarta di Tarakan

“Sang bangau, eh sang bangau

Kenape elu, elu delak delok?

Sang bangau, ngau..ngau..eh sang bango

Kenape elu, elu delak-delok?”

Merahbirunews.com- Sudah tidak asing lagi bukan dengan lirik lagu di atas? Lagu yang berjudul “Sang Bangau” karya Alm. Benjamin Sueb yang berasal dari suku Betawi yang tinggal Ibu Kota Indonesia, Jakarta. Siapa yang gak kenal Jakarta ? Ibu kota dengan segala permasalahan macet dan banjirnya ternyata memiliki beragam jajanan kuliner yang patut dicoba. Sebut saja kue rangi, kue dongkal, kue geplak, kerak telor, dan lain sebagainya

Ngomong-ngomong soal kuliner, salah satu jajanan khas Betawi yang dapat kamu nikmati adalah kerak telor. Jajanan yang satu ini terbuat dari telor ayam/telor bebek (sesuai selera), beras ketan putih, udang kering, kelapa parut yang disangrai kering, bawang goreng, bubuk cabai merah, abon, garam, merica, dan gula sebagai bumbu pelengkapnya.

Salah Satu Proses Pembuatan Jajanan Kuliner Kerak Telor Khas Jakarta di Tarakan
Salah Satu Proses Pembuatan Jajanan Kuliner Kerak Telor Khas Jakarta di Tarakan

Dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api, tidak menggunakan kompor minyak ataupun kompor gas. Sesekali pedagang membalik wajan agar permukaan kerak telor juga terpanggang dan matang merata sambil dikipas-kipas agar bara api tetap menyala. Hasilnya, kurang dari 15 menit kerak telor sudah dapat dinikmati dengan keluarga ataupun kerabat. Paduan telur dengan racikan bumbu seperti kelapa parut dan abon, memberikan rasa yang berbeda dari berbagai jajanan yang juga berbahan dasar telur.  Pengen nyoba ? Sudah pasti para pecinta jajanan kuliner untuk mencoba jajanan khas Jakarta ini.

Untuk daerah Tarakan, jajanan kerak telor ini tidak bisa kamu nikmati setiap hari. Seperti kata salah satu pedagang kerak telor bernama Aep Sutisna. Dia dan kawan-kawannya sesama pedagang kerak telor datang dari Jakarta ke Tarakan hanya waktu-waktu tertentu saja, khususnya event yang saat ini sedang berlangsung di Stadion Datu Adil Tarakan yakni Event Tarakan Expo yang diselenggarakan oleh Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia Tarakan Tengah. Acara ini berlangsung dari tanggal 5 – 13 September 2015. Buruan datang dan nikmati kuliner “Sang Bangau” sebelum dia balik ke kampungnya. (FS)

  • Kerak telor ayam (Rp 15.000,-)
  • Kerak telor bebek (Rp 20.000,-)