Macam-Macam Penyakit yang Menyerang Kesehatan Mulut

0
360
Macam-Macam Penyakit yang Menyerang Kesehatan Mulut
Macam-Macam Penyakit yang Menyerang Kesehatan Mulut

Macam-macam Penyakit yang Menyerang Kesehatan Mulut. Mulut merupakan indera yang memiliki fungsi salah satunya yaitu penerima makanan. Namun, apakah Anda ketahui bahwa mulut memiliki segudang masalah? Banyak para peneliti membuktikan bahwa mulut yang kita anggap selama ini hanya rongga kecil yang berguna mengunyah makanan, ternyata mempunyai gangguan masalah yang bermacam-macam. Berikut macam-macam penyakit yang menyerang kesehatan mulut.

1. Bau mulut

Penyakit yang sering kita jumpai yaitu bau mulut. Kondisi gigi dan gusi yang kurang bersih, sariawan, infeksi mulut, merokok, alkohol, mengkonsumsi bawang merah dan putih, serta gigi palsu yang tidak terawat. Maka penyakit ini akan muncul. Kondisi ini biasanya mengganggu baik si penderita maupun orang yang ada di sekitarnya.

Macam-Macam Penyakit yang Menyerang Kesehatan Mulut
Macam-Macam Penyakit yang Menyerang Kesehatan Mulut

2. Sariawan

Penyakit sariawan yang  sering terjadi di segala usian disebabkan oleh jamur candida. Tetapi sistem kekebalan yang lemah, antibiotik, diabetes atau obat-obat tertentu seperti kortikosteroid inhalasi memberikan kesempatan jamur ini untuk tumbuh liar. Dengan menyeka patch akan menyebabkan rasa sakit. Sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan diagnosis.

3. Radang Mulut

Radang mulut disebabkan oleh infeksi jamur dan biasanya pengobatannya menggunakan tablet hisap antifungal. Penyakit radang mulut mempunyai ciri yaitu lidah berwarna pucat dan bercak kuning keputihan. Rasa perih pada bercak tersebut bila bergesekan dengan makanan atau pada saat menyikat gigi.

4. Glossitis
Mungkin penyakit tersebut masih terdengar asing. Penyakit ini membuat lidah terasa sakit karena adanya rekahan. Kondisi ini akibat jaringan pelindung pada permukaan lidah tidak terbentuk secara sempurna. Cara mengobati penyakit glositis harus diketahui terlebih dahulu apa penyebabnya, bisa saja karena anemia atau kekurangan vitamin.

5. Luka Busuk

Hingga saat ini belum ada yang mengetahui penyebab dari penyakit yang menyerang mulut Anda ini. Pemicunya termasuk stres, hipersensitivitas, infeksi, hormon, dan tidak memperoleh asupan vitamin yang cukup. Penyakit ini juga disebut borok aphthous dimana sariawan yang bisa muncul di lidah, pipi, bahkan gusi Anda. Penyakit ini biasanya bertahan paling tidak dua minggu. Persistent, sariawan yang parah bisa diobati dengan krim mati rasa, obat-obatan resep, ataupun laser gigi.