Makan semangka dengan bijinya sangat menyehatkan

0
272
Semangka
Semangka
Semangka

Mengonsumsi biji nangka atau labu mungkin sudah tidak lazim bagi Anda. Tapi kalau biji semangka, bagaimana?  mengonsumsi semangka memang sangat bermanfaat bagi kesehatan, begitu juga bijinya.

Seperti dikutip Boldsky, sebagian besar ahli gizi setuju dengan manfaat biji semangka yang layak diketahui, yaitu:

1. Sumber alami asam amino

Tubuh manusia membutuhkan asam amino untuk meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyusutan otot. Dalam biji semangka terdapat asam amino dalam bentuk asam glutamat dan tryptophan yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

2. Pasokan Magnesium

Magnesium adalah salah satu mineral yang paling penting dan dibutuhkan tubuh setiap hari. Menurut ilmu kedokteran, 100 gram biji semangka memiliki 139 persen dari jumlah magnesium yang diperlukan tubuh. Jadi selain meningkatkan metabolisme, biji semangka juga dapat menormalkan tekanan darah, mengontrol diabetes serta mencegah hipertensi.

3. Kesehatan seksual

Biji semangka mengandung lycopene dan beberapa vitamin yang diperlukan untuk menjaga kesuburan dan membangun sistem kekebalan tubuh pada pria.

4. Melawan Diabetes

Jika Anda menderita diabetes, coba rebus biji semangka dalam air selama 40-45 menit. Konsumsi minuman ini layaknya teh setiap hari. Biji semangka dipercaya dapat mencegah peningkatan gula darah juga, lho.

5. Mempertajam memori

Karena sifatnya yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengonsumsi biji semangka dapat meningkatkan memori dan mencegah penyakit. (lip6/hfa)