Ajukan Sistem Pengelolaan Sampah Baru, Pemkot Tarakan Berharap Peran Masyarakat

0
636
Ilustrasi (google)
Ilustrasi (google)
Ilustrasi sampah dipinggir jalan sangat menganggu keindahan kota (google)

MBNews, Tarakan – Sampah yang selalu menjadi masalah perkotaan sangat menganggu, baik dari segi pemandangan hingga bau yang tidak sedap. Untuk itu Pemerintah Kota Tarakan akan mencoba melakukan sistem baru yang melibatkan masyarakat terutama tingkat RT dalam mengelola sistem persampahan.

Walikota Tarakan Sofian Raga, Selasa (15/7/2014) mengatakan, sistem persampahan direncanakan dikonsentrasikan pada 1 titik atau 2 titik di setiap kelurahan. Dengan penguatan 1 titik tersebut, petugas kebersihan tidak kewalahan dalam mengangkut sampah dari banyak titik tong sampah di sepanjang jalan utama kota dan jalan kecil yang ada di Tarakan.

“Sampah bukan dipertontonkan, selama ini kita melihat banyak tong sampah pinggir jalan padahal hal tersebut kurang sedap dipandang dan menimbulkan bau yang tidak sedap.” Kata Sofian Raga

Untuk itu setiap 1 RT akan diperkerjakan 1 hingga 2 tenaga menghimpun sampah rumah tangga masyarakat, kemudian dikumpulkan pada 1 titik dan tinggal menunggu truk sampah mengangkutnya ke tempat pembuangan akhir sampah.

“Jadi kedepannya tidak ada lagi kita melihat, truk sampah menghampiri setiap 1 tong sampah di pinggir jalan dan hanya dikonsentrasi pada satu titik.” Ungkap Sofian

Hal tersebut masih rencana dan akan dilakukan kajian mendalam, namun program seperti itu tidak ada salahnya dicoba sekaligus mengajarkan masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan. Sofian Raga menargetkan dalam waktu dekat melakukan tahapan sosialisasi program ini dan mengajak semua pihak untuk mendukungnya. (HFA)