Tips Membeli Buah Kaleng dan Pemanfaatannya untuk Bahan Makanan

0
29
Tips Membeli Buah Kaleng dan Pemanfaatannya untuk Bahan Makanan
Buah kaleng (hellosehat.com)

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini Anda bisa menjumpai makanan yang memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan dengan makanan sejenis tanpa pengolahan. Untuk mengawetkan makanan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan contohnya adalah dengan mengemasnya memakai bahan tak tembus udara sehingga bakteri tak bisa masuk dan berkembang. Tentu saja sebelum dikemas, makanan dan kemasan sudah terlebih dahulu disterilkan sehingga dapat dipastikan tak kan ada kontaminasi yang terjadi selama masa penyimpanan. Hal ini terjadi pada buah kaleng yang bisa memiliki masa simpan hingga hitungan bulan.

Buah dalam kaleng adalah buah segar yang mengalami proses terlilisasi dan pengemasan sehingga lebih awet dibandingkan buah pada umumnya. Untuk jenis buah yang dikemas menjadi makanan kaleng ini sendiri cukup beragam seperti cery, anggur, strawberry, kelengkeng, lacy dan sebagainya. Bukan hanya buah saja, namun di dalam kaleng juga terdapat sirup atau air yang memiliki rasa sama dengan buahnya.

Mengapa buah harus diawetkan dan dikemas dalam bentuk kaleng? Umumnya buah kaleng digunakan sebagai bahan makanan komersil misalnya untuk membuat kue tart, pudding dan sebagainya. Namun banyak juga buah awet yang digunakan sebagai bahan makanan saat berada di lokasi yang sulit mendapatkan makanan seperti saat bertugas di pedalaman bagi tentara maupun peneliti. Kandungan vitamin dan mineral pada buah yang dikemas ini sama dengan buah aslinya sehingga tetap baik untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Untuk membeli buah kaleng ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar mendapatkan buah yang terbaik dengan rasa yang enak yaitu:

  • Perhatikan masa kadaluarsa jangan sampai Anda membeli produk lewat kadaluarsa.
  • Perhatikan waktu produksi, sebisa mungkin pilihan kemasan hasil produksi yang paling baru.
  • Jangan mengocok kaleng untuk mengetahui isinya. Goyangkan pelan jika Anda ingin menimbang isi buah.
  • Pilih buah yang tidak bisa Anda temukan di sekitar lokasi.

Ingin membeli stok sebagai bahan kue dan makanan untuk liburan? Anda bisa memesannya di Toko Wahab yang memiliki produk buah awet ini dalam banyak varian dan berat kemasan.