4 Langkah sehat kala berpuasa

0
255
Puasa (google)
Puasa (google)
Puasa (google)

Tetap sehat selama bulan puasa adalah keinginan semua umat muslim hika anda inginkan puasa tetap lancar dan menyehatkan perhatikan beberapa hal penting berikut :

1. Konsumsi makanan kaya serat saat sahur
Sahur merupakan saat makan yang paling penting sebagai ‘bahan bakar’ aktivitas seharian. Pastikan mengonsumsi makanan yang mengandung protein (dari telur, keju, yoghurt, kacang-kacangan) dan serat (dari buah, sayur, biji-bijian) keduanya membantu membuat rasa kenyang lebih lama.

2. Hindari makan berlebih saat berbuka
Setelah lebih dari 13 jam menahan rasa haus dan lapar muncul godaan untuk makan berlebih saat berbuka. Atasi rasa tersebut dengan mengonsumsi semangkuk sup dingin atau salad sehat. Menu makan utama pastikan mengandung protein, biji-bijian, dan sayuran.
Penting diingat selama Ramadan untuk menghindari makanan cepat saji. Pastikan juga setiap harinya paling tidak makan lima porsi buah dan sayur.

3. Konsumsi almond dan kurma
Agar keinginan mengemil tetap terlaksana tanpa harus membuat berat badan bertambah saat buka, hindari makan kue-kue manis. Anda bisa menggantinya dengan kurma maupun almond.

4. Minimal minum 8 gelas
Beraktivitaslah di tempat sejuk dan hindari olahraga berat. Disarankan untuk makan buah kaya air saat sahur. Pastikan juga minum dua gelas air saat berbuka, empat gelas air saat malam, dan dua gelas air saat sahur. Namun, hindari mengonsumsi kopi dan teh karena dapat mempercepat rasa haus dan dehidrasi. (lip6/hfa)