Profil Agus Subiyanto: Pendidikan, Karier dan juga Harta Kekayaan Calon Panglima TNI

0
605
Profil Agus Subiyanto: Pendidikan, Karier lalu juga Harta Kekayaan Calon Panglima TNI

merahbirunews.com – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto tengah ramai dibicarakan umum lantaran disebut-sebut sebagai calon Panglima TNI selanjutnya.

Kabar mengenai Agus yang mana disebut sebagai kandidat kuat Panglima TNI muncul ketika Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengusulkan namanya kepada DPR RI.

Seperti diketahui, pergantian Panglima TNI diperlukan sebab tanggal 26 November 2023, Panglima TNI saat ini, yaitu Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun.

Setelah namanya disebut sebagai kandidat kuat sebagai calon Panglima TNI, banyak yang mencari tahu siapa sosok Agus Subiyanto sebenarnya, mulai dari biodata, pendidikan, karier, hingga kekayaan.

Sekilas profil Agus Subiyanto

Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si lahir pada tanggal 5 Agustus 1967 di dalam Cimahi, Jawa Barat.

Selama menjalankan tugas sebagai TNI, Agus ditemani oleh sang istri, Evi Sophia Indra yang mana diketahui lahir pada 20 September 1970.

Menurut informasi yang dimaksud berhasil dihimpun, sejak kecil hidup Agus Subiyanto penuh dengan lika-liku.

Ada banyak kisah inspiratif yang mana dapat diambil dari kehidupan Agus, salah satunya bagaimana cara untuk terus berjuang di area tengah keluarga yang digunakan tidaklah harmonis.

Dari kecil, Agus sudah hidup mandiri akibat orang tua yang digunakan berpisah. Namun, dari situlah ia belajar bagaimana tindakan untuk bertahan dan juga berjuang menghadapi kenyataan.

Meski dalam kondisi seperti itu, Agus tidak ada membuang cita-cita untuk menjadi seseorang TNI yang digunakan dapat mengabdi kepada Negara.

Pendidikan Agus Subiyanto

Agus Subiyanto menempuh institusi belajar di area SDN Baros Mandiri 4 Cimahi, SMPN 2 Cimahi, lalu SMAN 13 Bandung.

Ketika duduk di area bangku SMA, Ayahnya, Serka Deddy Unadi meninggal dunia. Setelah kepergian sang ayah, Agus juga adiknya diasuh oleh ibu tiri.

Selepas SMA pada tahun 1986, Agus Subiyanto mengikut tes di area Sekolah Calon Bintara Kodam Siliwingi, meskipun dinyatakan tidaklah lulus. Agus juga sempat melamar jadi satuan pengaman dalam Bogor.

Barulah ketika tahun 1988, Agus mengikuti tes Akabri lalu dinyatakan lulus. Hebatnya, Agus mendapat nilai terbaik kedua se-Jawa Barat.

Karier Agus Subiyanto

Pada tahun 1991, Agus lulus Akabri juga mengawali karier militer sebagai Kasi Ops Sektor A di dalam Timor Timur.
Karena kinerja yang mana apik, Agus Subiyanto akhirnya dipromosikan menjadi Danyon 22 Grup 2 Parako Kopassus.

Semakin moncer, Agus kemudian diberi kepercayaan sebagai Komandan Kodim 0735/Surakarta pada tahun 2009 hingga 2011 ketika Joko Widodo masih menjabat wali kota.

Tahun 2011, ia menjabat sebagai Waasops Kasdivif 2/Kostrad, dilanjut menjadi Asops Kasdam I/Bukit Barisan pada tahun 2014-2015.

Sejak saat itu, perjalanan karier Agus Subiyanto makin mentereng dengan menempati berbagai posisi penting, seperti Pangdam III/Siliwangi dan juga Wakasad pada 2022.

Dari perjalanan panjang tersebut, Agus Subiyanto akhirnya dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo pada 25 Oktober 2023.

Harta Kekayaan Agus Subiyanto

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penylenggara Negara (LHKPN) Mare 2023, tercatat Agus Subiyanto memiliki harta Rp19,3 miliar yang mana rinciannya sebagai berikut:

  • Tanah juga bangunan senilai Rp16 miliar
  • Kendaraan senilai Rp70 juta
  • Harta bergerak lainnya senilai Rp1,5 milliar
  • Kas juga setara kas senilai Rp1,6 miliar

Itulah informasi seputar sosok Agus Subiyanto yang mana saat ini menjabat sebagai KSAD serta digadang-gadang akan menjadi Panglima TNI selanjutnya.

Kontributor : Damayanti Kahyangan