Profil Usman Sidik, Bupati Halmahera Selatan Meninggal saat Main Bola

0
1104
Profil Usman Sidik, Bupati Halmahera Selatan Meninggal saat Main Bola

merahbirunews.com – Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, Usman Sidik, meninggal dunia saat bermain sepak bola dalam rangka pembukaan Piala Bupati Cup pada Minggu (5/11/2023). Kala itu, ia tengah menjalani pertandingan eksibisi bersama tim Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Halsel.

Usman yang terjatuh kemudian tak sadarkan diri langsung dibawa ke RSU Marabose. Setelah menjalani perawatan, ia dinyatakan meninggal pada pukul 18.40 WIB. Hal ini disampaikan oleh adiknya, Samsuddin Sidik. Ia menyebut sang kakak meninggal saat bermain sepak bola pada lapangan Gelora Bahrain Kasuba.

“Bupati (Usman Sidik) meninggal dunia sekitar pukul 18.40 WIT, setelah menjalani perawatan di dalam RSU Marabose usai bermain sepak bola di dalam lapangan Gelora Bahrain Kasuba,” ujar Samsuddin Sidik, melalui pesan WhatsApp, dilansir dari Antara, Selasa (7/11/2023).

Kematian mendadak sang Bupati Halmahera Selatan itu tentu mengejutkan publik. Belum diketahui apakah ia sebelumnya miliki riwayat penyakit atau tidak. Kabar duka ini lantas menuai rasa penasaran tentang sosok Usman Sidik. Tak terkecuali mengenai profilnya yang mana bisa saja dilihat pada poin berikut.

Profil Usman Sidik

Usman Sidik merupakan Bupati Halmahera Selatan (Halsel) untuk periode 2021-2024. Ia lahir pada 13 April 1973 pada Orimakurunga Kayoa, Halsel, Maluku Utara. Saat duduk di tempat bangku SMP, ia pernah menjadi buruh kasar. Lalu, hal serupa terjadi ketika ia berstatus siswa SMA Muhammadiyah Kota Ternate.

Di mana Usman bekerja sebagai buruh pada Pelabuhan Bastiong. Lalu, ia juga pernah tergabung di tempat bagian penyertaan pohon kayu dari PT Barito Pasific Timber Group, di tempat Sidangoli, Halsel. Tak hanya sekali itu, ia pun sempat menjadi kontributor wartawan pada sebagian stasiun televisi nasional, seperti TPI dan juga RCTI.

Setelahnya, ia mulai mendirikan media cetak harian bernama PT Seputar Maluku Utara. Usman kemudian berkecimpung ke dunia kebijakan pemerintah yang dimaksud diawali dengan menjabat sebagai Sekjen DPP PKB periode 2014-2019. Lalu, ia dipercaya untuk menduduki posisi Wakil Bendahara DPP PKB periode 2019-2024.

Usman Sidik juga maju pada Pilkada 2020 lalu dan juga berpasangan dengan Hasan Ali Basam Kasuba. Keduanya mendaftarkan diri sebagai akan datang calon bupati dan juga perwakilan bupati Kabupaten Halmahera Selatan. Saat itu, dia didukung oleh PKB, PDIP, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PKS, juga PSI.

Usman serta Basam pun terpilih sebagai Bupati juga Wakil Bupati Halsel untuk periode 2021-2024. Mereka dilantik oleh Gubernur Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba di dalam Aula Nuku Lantai II kantor gubernur pada 24 Mei 2021 lalu. Pelantikan ini dijalankan sesuai surat keputusan Mendagri Nomor 131.82-1055.

Namun, jelang masa jabatannya habis, Usman Sidik meninggal dunia. Tepatnya setelah pingsan saat bermain sepak bola dalam turnamen Bupati Cup II di dalam lapangan Gelora Bahrain Kasuba. Dalam laga itu, ia dipercaya menjadi kapten dengan nomor punggung 18. Adapun jasadnya direncanakan dimakamkan pada Kota Ternate.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti