Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

0
407
Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami
Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami
Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami
Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

merahbirunews.com, Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami. Penyebab umum dari gusi bengkak yaitu adanya bakteri pada plak yang menginfeksi jaringan gingiva, sehingga terjadi infeksi dan membuat gusi bengkak, mudah berdarah, kadang sakit dan akhirnya gigi menjadi goyang bahkan lepas. Biasanya selain membengkak, gusi berwarna merah terang mengkilap, mudah berdarah misalnya saat menyikat gigi, dan sering kali terjadi bersamaan dengan kalkulus (karang gigi) di sekitar permukaan gigi yang berbatasan dengan gusi. Berikut ini akan disampaikan mengenai Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami.

  • Berkumur air garam hangat

Dengan berkumur menggunakan air garam adalah salah satu Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami untuk meredakan rasa sakit dalam beberapa saat. Air garam merupakan salah satu zar antiseptik melawan kuman. Genakan air garam hangat untuk berkumur selama beberapa kali, lalu kumur kembali dengan air bersih.

  • Minum banyak air putih

Minum air dalam jumlah yang banyak dapat membuat mulut menghasilkan air liur yang lebih banyak. Selain sangat baik dalam pencernaan, air liur yang banyak juga bermanfaat dalam membunuh kuman dan bakteri dalam mulut. Jadi ketika gusi anda sakit, perbanyaklah minum air untuk menjaga kebersihan mulut dari dari sarang bakteri dan kuman.

  • Memijat Gusi

Anda dapat memijat bagian gusi yang sakit menggunakan telunjuk jari. Gosok gusi dengan gerakan melingkar dari awal garis gusi. Pijatan-pijatan mampu membuat sirkulasi darah pada gusi meningkat dan membantu proses penyembuhan.

  • Hindari makanan penyebab plak dan konsumsi vitamin C

Hindari makanan-makanan yang bisa menempel pada gusi dan membangun plak salah satunya yaitu roti puti. Banyak-banyaklah mengonsumsi vitamin C yang bisa Anda dapatkan pada sayuran segar dan buah-buahan.

  • Menggunakan sirih

Tips Mengobati Gusi Bengkak dengan menggunakan daun sirih, Ambil sebanyak 15 gram daun dan akar sereh kemudian campurkan 20 gram kunyit dan garam secukupnya. Rebus dengan 500 cc air yang kemudian disaring dan airnya untuk berkumur atau juga bisa untuk diminum.

  • Minyak cengkeh dan lada hitam

Minyak cengkeh adalah obat-obatan tradisional untuk mengobati infeksi gusi bengkak. Caranya yaitu dengan mengusapkan minyak cengkeh dengan campuran sedikit lada hitam untuk meredakan rasa sakit pada gusi Anda yang bengkak.

  • Kumur dengan air perasan lemon

Anda juga bisa memanfaatkan air perasan lemon untuk mengobati gusi yang bengkak. Peras satu buah lemon kemudian campur dengan air hangat dalam satu gelas penuh. Gunakan untuk berkumur selama beberapa menit sebanyak 2-3 kali sehari.